Welcome

08.32
0


KISTA payudara adalah pembengkakan padat berisi cairan dalam jaringan payudara. Kista hampir selalu berupa variasi anatomi yang normal, bukan penyakit serius.
Kista payudara paling banyak dijumpai pada wanita berusia 30-an, 40-an, dan 50-an, dengan puncaknya tepat sebelum menopause. Kista mungkin saja timbul pada wanita muda atau wanita pascamenopause, walaupun hal ini jarang terjadi.

Dokter mungkin akan menyarankan sitologi aspirasi jarum halus (Fine Needle Aspiration Cytology, FNAC) atau USG sebagai langkah selanjutnya untuk memastikan diagnosis. Lantas apa penanganannya?

"Pada kista, FNAC berfungsi sebagai alat diagnosis dan terapi. Aspirasi dapat dilakukan dengan cepat, mudah, dan tidak nyeri sebagai prosedur rutin di klinik payudara. Seluruh tindakan dapat dilakukan dengan panduan USG, sehingga memungkinkan Anda memerhatikan saat dokter memasukkan jarum, melakukan aspirasi kista, dan kemudian kista hilang. Kista besar yang mudah terasa dapat diaspirasi tanpa bantuan USG," tutur Dr Miriam Stoppard dalam bukunya "Panduan Kesehatan Keluarga".

Lebih lanjut Stoppard menjelaskan, bahwa kista jarang bersifat ganas atau berbahaya.

"Jika ada bukti pertumbuhan sel dalam kista, ahli bedah akan membedah dan membuangnya," tandasnya. Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
thumbnail Title: Ladies, Kenali Kista Payudara
Posted by:Unknown
Published :2012-03-10T08:32:00+07:00
Rating: 4.5
Reviewer: 7 Reviews
Ladies, Kenali Kista Payudara

0 komentar:

Posting Komentar

Komen yang sopan....
Kalau ada kesalahan pada posting atau link rusak. Bilang aja sama admin.
Jangan nge SPAM, jangan karena blog ini dofollow
Intinya, Anda sopan saya segan, Anda lancang saya cincang...!!!
Saya memoderasi komentar Anda, supaya saya bisa membaca komentar2 dari Anda