Titan, Tempat Paling Layak Huni Menggantikan Bumi
Rahasia Menjadi Manusia yang Kaya Raya
40 Bentuk PC Paling Menakjubkan Yang Belum Pernah Anda Lihat
10 Negara Ini Pernah Ada di Bumi dan Sekarang Hilang
9 Tuntutan Yang Pernah Dilayangkan Kepada Google
Rahasia Menjadi Manusia yang Kaya Raya
40 Bentuk PC Paling Menakjubkan Yang Belum Pernah Anda Lihat
10 Negara Ini Pernah Ada di Bumi dan Sekarang Hilang
9 Tuntutan Yang Pernah Dilayangkan Kepada Google
[lihat.co.id] - Menurut sebagian orang, merawat kendaraan bermesin diesel tidaklah mudah dan merepotkan. Namun bagi yang mengerti mesin, mereka cenderung memilih mobil bermesin diesel.
Alasannya, mesin diesel semakin bertenaga dan irit untuk digunakan jarak jauh, karena mesin diesel akan semakin bagus digunakan dalam kondisi mesin panas.
Ada beberapa kiat mudah yang harus dilakukan untuk menjaga agar mobil bermesin diesel tetap dapat aman melaju. Berikut tips perawatan yang harus dilakukan pemilik mobil bermesin diesel.
Alasannya, mesin diesel semakin bertenaga dan irit untuk digunakan jarak jauh, karena mesin diesel akan semakin bagus digunakan dalam kondisi mesin panas.
Ada beberapa kiat mudah yang harus dilakukan untuk menjaga agar mobil bermesin diesel tetap dapat aman melaju. Berikut tips perawatan yang harus dilakukan pemilik mobil bermesin diesel.
1. Pemanasan
[lihat.co.id] - Pemakai mobil jangan terburu menjalankan mesin diesel sebelum dilakukan pemanasan. Mesin diesel harus dipanasi sedikitnya lima menit.
2. Filter
[lihat.co.id] - Filter udara harus rajin dibersihkan minimal setiap 20.000 km dan filter solar setiap 15.000 km. Debu adalah musuh utama dari mesin diesel. Debu yang masuk ke ruang mesin mempercepat keausan pada ruang bakar karena debu akan menjadi bahan pengasah antara selinder dengan ring piston.
Jangan menunda penggantian filter solar yang sudah rusak. Jangan lupa membuang air dari saringan solar setiap pagi agar kebersihan saringan solar tetap terjaga. Perawatan ini sangat penting, supaya tidak terjadi penyumbatan.
Jangan menunda penggantian filter solar yang sudah rusak. Jangan lupa membuang air dari saringan solar setiap pagi agar kebersihan saringan solar tetap terjaga. Perawatan ini sangat penting, supaya tidak terjadi penyumbatan.
3. Tangki
[lihat.co.id] - Tangki jangan sampai kehabisan solar agar tidak masuk angin. Bila hal itu terjadi, maka pemakai harus memompa injection pump karena sifat solar tidak menguap.
Disarankan saat tangki berisi 1/3 dari kapasitas, harus segera diisi kembali. Namun beberapa mobil baru bermesin diesel sudah dapat terhindar dari masalah ini, sehingga tidak bermasalah ketika tangki BBM kosong hingga lebih dari 1/3 kapasitasnya.
Untuk mesin diesel lama, disarankan bakar yang tersisa tak kurang dari seperempat kapasitas tanki, agar terhindar dari mesin mogok atau mesin yang susah dihidupkan. Injection pump yang rusak harus diperbaiki di bengkel khusus mesin diesel, bukan di sembarang bengkel.
Disarankan saat tangki berisi 1/3 dari kapasitas, harus segera diisi kembali. Namun beberapa mobil baru bermesin diesel sudah dapat terhindar dari masalah ini, sehingga tidak bermasalah ketika tangki BBM kosong hingga lebih dari 1/3 kapasitasnya.
Untuk mesin diesel lama, disarankan bakar yang tersisa tak kurang dari seperempat kapasitas tanki, agar terhindar dari mesin mogok atau mesin yang susah dihidupkan. Injection pump yang rusak harus diperbaiki di bengkel khusus mesin diesel, bukan di sembarang bengkel.
4. Busi Pemanas
[lihat.co.id] - Busi pemanas yang ada pada mesin diesel sebaiknya selalu dicek agar bisa selalu terdiagnosa.
5. RPM Rendah
[lihat.co.id] - Menstabilkan mesin pada posisi RPM terendah setelah menempuh perjalanan, agar item diesel tetap awet.
6. Ganti Oli
[lihat.co.id] - Penting diingat untuk mengganti pelumas setiap 5.000 km, agar kondisi mesin diesel tetap stabil, kokoh dan nyaman. Yang dipakaipun mesti pelumas khusus mesin diesel. Beberapa merek telah menyediakan pelumas khusus diesel modern yang telah memiliki teknologi common rail.
Adapula pelumas diesel yang telah dilengkapi dengan formulasi premium base oil synthetic dan aditif pilihan yang dirancang khusus guna memberikan hasil yang luar biasa untuk kendaraan diesel modern.
Pelumas sintetis khusus mesin diesel memiliki beberapa keunggulan, di antaranya adalah menjaga Viscosity stability dengan sempurna sampai kondisi temperatur tinggi. Hal itu bertujuan melindungi mesin dari endapan, mengoptimalkan akselerasi dan tenaga mesin, hemat BBM, mampu menjaga kebersihan piston, dan melindungi mesin secara maksimal terhadap oksidasi, keausan dan stop & go driving.
Adapula pelumas diesel yang telah dilengkapi dengan formulasi premium base oil synthetic dan aditif pilihan yang dirancang khusus guna memberikan hasil yang luar biasa untuk kendaraan diesel modern.
Pelumas sintetis khusus mesin diesel memiliki beberapa keunggulan, di antaranya adalah menjaga Viscosity stability dengan sempurna sampai kondisi temperatur tinggi. Hal itu bertujuan melindungi mesin dari endapan, mengoptimalkan akselerasi dan tenaga mesin, hemat BBM, mampu menjaga kebersihan piston, dan melindungi mesin secara maksimal terhadap oksidasi, keausan dan stop & go driving.
7. Accu / Aki
[lihat.co.id] - Terakhir, kondisi batere (accu/aki) dan kabel-kabel haruslah prima. Meski mesin diesel bisa dihidupkan tanpa bagian ini, yakni dengan cara ditarik mobil lain, namun hal itu tentu tidak dilakukan setiap hari. Akan terasa aneh, jika setiap hari untuk menyalakan mesinnya, mobil harus ditarik terlebih dahulu.
Ternyata Para Pria di Indonesia Terancam Jomblo Permanen
Beginilah Gambaran Acara-acara TV 2013 di Indonesia (Komik)
0 komentar:
Posting Komentar
Komen yang sopan....
Kalau ada kesalahan pada posting atau link rusak. Bilang aja sama admin.
Jangan nge SPAM, jangan karena blog ini dofollow
Intinya, Anda sopan saya segan, Anda lancang saya cincang...!!!
Saya memoderasi komentar Anda, supaya saya bisa membaca komentar2 dari Anda