Welcome

20.41
0
Crop Circle Laut
Pola-pola desain dibangun cukup rumit dan indah, tapi memiliki tujuan untuk memikat ikan buntal betina I foto  Scientific Report

Fotografer Underwater Yoji Okata telah menghabiskan 50 tahun menjelajahi kedalaman laut, tapi suatu ketika ia melihat pola bangunan unik di dasar laut dan menyerupai lingkaran tanaman (Crop Circle) telah menjadi teka-teki, buatan siapa?

"Misteri lingkaran" Crop Circle akhirnya terkuak juga, pelakunya, yaitu pejantan ikan buntal bukan alien. Dan baru-baru ini ilmuwan berhasil mempelajari proses bagaimana spesies ini menciptakan desain rumit untuk merayu ikan buntal.

Misteri Crop Circle laut diameter lantai tujuh kaki bermotif lingkaran yang pertama kali ditemukan pada 1995 di lepas pantai selatan Jepang. Misteri bertahan sampai 2011 dan pada akhirnya pelakunya (pejantan ikan buntal) tertangkap basah sedang mendesain lingkaran misteri tersebut. 

Dikutip dari kompas.com dalam publikasi di jurnal Scientific Report, 1 Juli 2013, ilmuwan Jepang yang terdiri dari Hiroshi Kawase, Yoji Okata, dan Kimiaki Ito menjelaskan bahwa bukan saja "crop circle" buatan ikan buntal itu yang unik. Proses pembuatannya pun mengejutkan, membuktikan bahwa ikan buntal cukup cerdas dalam membuat struktur rumit ini.
 
Crop Circle Ikan Buntal
Crop Circle Ikan Buntal I foto youtube
Kawase dan rekannya menguraikan, pada tahap awal, ikan buntal akan membuat bentuk lingkaran dasar terlebih dahulu. Untuk membuatnya, ikan buntal menggunakan sirip dada, sirip anal, dan sirip ekor. Setelah lingkaran dasar terbentuk, ikan buntal jantan baru mulai mendekorasi struktur geometri pemikat betina itu.

Pembuatan dekorasi juga terbilang cukup rumit. Dari lingkaran bagian luar, ikan buntal akan bergerak ke dalam, membentuk struktur radial dengan puncak dan lembah yang terhubung dengan lingkaran dasar yang telah dibuat. Ikan buntal akan membuat struktur ini satu per satu hingga keseluruhan sudut lingkaran dasar terpenuhi.

Pada tahap menengah, ikan buntal akan mengulangi gerakan ini sehingga struktur radial makin jelas. Kemudian, ikan buntal akan berenang memutar di bagian tengah lingkaran sehingga seluruh pasir teraduk. Kemudian, ikan buntal akan mengibaskan sirip ekornya di bagian tengah lingkaran hingga terbentuk pola yang tak beraturan di bagian tersebut.

Butuh energi besar dan waktu lama bagi ikan buntal untuk membuat struktur ini. Setidaknya, ikan buntal membutuhkan 7-9 hari untuk membuatnya. Uniknya, pejantan takkan menggunakan struktur yang sama di lokasi yang sama untuk memikat betina. Bisa dibilang, ikan buntal memakai satu "ranjang" untuk satu perkawinan saja.

"Crop circle" ini tak hanya indah tetapi juga fungsional. Betina akan datang ke struktur ini. Lalu, pejantan akan mengejar dan pada akhirnya proses perkaiwnan terjadi, betina meletakkan telur di bagian tengah struktur geometris ini. Pejantan akan bertahan di struktur ini selama paling tidak 6 hari. Betina akan tinggal satu menit lalu pergi dan beberapa kali akan menjenguk. 
 
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
thumbnail Title: Indahya "Crop Circle" Laut Buatan Ikan Buntal
Posted by:Unknown
Published :2013-08-17T20:41:00+07:00
Rating: 4.5
Reviewer: 7 Reviews
Indahya "Crop Circle" Laut Buatan Ikan Buntal

0 komentar:

Posting Komentar

Komen yang sopan....
Kalau ada kesalahan pada posting atau link rusak. Bilang aja sama admin.
Jangan nge SPAM, jangan karena blog ini dofollow
Intinya, Anda sopan saya segan, Anda lancang saya cincang...!!!
Saya memoderasi komentar Anda, supaya saya bisa membaca komentar2 dari Anda