Welcome

08.10
0
Yang Gak Masuk Akal tapi Dipercaya di Sepakbola

Apa yang kamu ketahui soal mitos? Kalo kamu mikirnya mitos itu adalah nama permen, yang tagline-nya â??the freshmakerâ??, kamu harus buang jauh-jauh pikiran itu, sebab itu salah, dan itu gak nyambung sama artikel ini.

Mitos, atau takhayul itu dalam ilmu psikologi disebut logical fallacies, alias kesalahan dalam berpikir. Menurut kami, mitos adalah sesuatu yang salah kaprah. Maksudnya salah kaprah adalah terlalu menghubungkan sesuatu hal dengan hal yang lainnya. Padahal itu hanya masalah kebiasaan dan kebetulan, bahkan cuma diada-ada.

Contoh paling gampang gini deh. Banyak yang percaya kalo Presiden SBY nonton langsung Timnas Indonesia bertanding, ujung-ujungnya pasti timnas kalah. Sekarang coba cari korelasi antara SBY nonton langsung dan kekalahan timnas, ada gak? Ya jelas gak ada. SBY mah cuma nonton, yang nentuin menang atau kalah mah ya pemain yang ada di lapangan. Itu kan cuma masalah kebetulan aja pas SBY nonton langsung eh timnas kalah mulu. Tapi, kalo masalah SBY jadi presiden terus negara makin mundur, itu sih bukan kebetulan kayaknya, hehe.

Logical fallacies ada di mana-mana. Bahkan di dunia sepakbola yang jelas-jelas penentu kemenangannya adalah usaha diri sendiri pun masih ada praktik logical fallacies-nya. Buat kami ini lucu. Karena ya jelas aja gak ada sangkut pautnya antara hasil akhir pertandingan dengan sebuah kegiatan gak jelas dan gak masuk akal itu. Kalo udah kalah ya kalah aja, gak usah cari alesan macem-macem. Kalo kalian pengen tau apa aja mitos-mitos dan kepercayaan yang ada di dunia sepakbola, boleh simak ini:

Jaring Gawang Diorak-orak



Ini yang paling sering kejadian nih. Sering banget lagi nonton bola ngeliat hal semacam ini. Mau itu liga Eropa, liga Indonesia, sampe liga tarkam pun ada kejadian kayak gini. Frustasi karena gak berhasil jebol gawang lawan, entah ditepis mulu sama kiper lawan atau kena tiang mulu. Eh dia goyang-goyangin jaring gawang lawan.

Setelah diinvestigasi, ternyata para penggoyang jaring lawan ini beranggapan kalo gawang lawannya itu udah dikasih jimat atau jampi-jampi biar gak kebobolan. Nah, makanya jaring gawangnya digoyang-goyangin, atau kalau dalam bahasa betawinya â??diorak-orakâ??. Salah satu pemain yang sering melakukan â??ritualâ?? ini adalah Titus Bonai, pemain Timnas Indonesia. Masalahnya kalo yang ditengarai dijimatin itu kipernya, masa kipernya juga harus digoyang-goyangin?

Pegang Rumput



Kalo yang ini menurut kami lebih ke faktor luck, alias keberuntungan. Kalo kamu suka nonton bola, pasti sering ngeliat pemain ketika baru mau masuk ke lapangan nyempet-nyempetin buat nyentuh rumput lapangan dulu. Mungkin alasannya biar lebih akrab sama lapangan kali ya, kenalan dulu gitu. Atau mungkin dia permisi sama penunggu lapangan. Atau buat mastiin itu rumput beneran apa rumput laut?

Kalo Kena Tiang, Timnya Sial
Ini udah jadi pendapat umum di dunia sepakbola. Hampir di mana-mana, mau nonton langsung di stadion atau lagi nobar, terus tim jagoannya kena tiang gawang lawan mulu, alias gak gol-gol. Pasti ada aja yang nyeletuk, â??Wah, tanda-tanda kekalahan nih.â?? Atau ,â??Yah, kalah dah ini mah.â??.Padahal mah, belum tentu juga. Mau kena tiang atau nggak, kalo kalah ya kalah aja.

Potong Rambut
Masih inget kan sama Fernando Torres yang di Chelsea musim ini sempet tampil dengan potongan rambut terbarunya yang hampir plontos? Nah, bagi kalangan anak bola, potong rambut adalah hal yang bisa disangkut-pautin sama kesialan atau keberuntungan. Misalnya si Torres, banyak yang bilang pas doi potong rambut itu tujuannya biar buang sial karena mandek bikin gol. Tapi giliran doi maennya jelek, ada aja yang bilang doi sial gara-gara rambutnya dipotong. Malah untuk urusan yang satu ini, bukan cuma rambut di kepala doang lho. Kumis, jenggot, dan rambut di daerah lainnya (yang itu tuuuh) juga konon katanya kalo dipotong sebelum pertandingan itu bisa memengaruhi kesialan atau keberuntungan sang pemain bersangkutan.

Kencingin Gawang


(sumber foto: Tribunnews)

Ini beneran ada dan kejadian lho, bukan ngada-ngada dan dibuat-buat. Di Indonesia khususnya, yang masih banyak percaya dengan hal-hal berbau mistis. Di Liga Indonesia tahun 2011, sempat terjadi kerusuhan suporter yang berujung penyerangan kepada tim tamu, cuma gara-gara masalah ngencingin gawang. Dan kadang suporter klub di Liga Indonesia (yang terkenal fanatik) emang suka turun ke lapangan cuma buat kencingin gawang lawan. Bahkan konon anak-anak gawang (ball boy) pun sering disuruh oleh official tim buat ngencingin gawang lawan.


(sumber foto: Beritajatim)

Nah, soal kencingin gawang lawan ini, yang paling sering kejadian tuh di pertandingan-pertandingan level amatir sekelas tarkam, alias antarkampung. Kalo kesal karena tim jagoannya susah buat ngejebol gawang lawan, pasti ada aja celetukan dari penonton, â??KENCINGIN AJA TUH GAWANGNYA BIAR GOL! PASTI MAEN DUKUN TUH!â?? Nah, biasanya abis itu ada aja bocah kecil yang disuruh buat ngencingin tuh gawang, abis itu dikasih duit, serebu, buat beli cilok.

Kira-kira demikian mitos-mitos dan kepercayaan yang masih dipercaya di dunia sepakbola. Yang pasti kalo menurut gue pribadi sih gak ada tuh yang namanya kesialan atau keberuntungan dalam dunia olahraga, khususnya sepakbola. Yang ada tuh kurang berusaha aja. Kalo menurut pendapat kalian gimana? Setuju atau nggak? Atau mau nambahin yang udah ada di atas? Mari kita berdiskusi di kolom comment di bawah.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
thumbnail Title: Yang Gak Masuk Akal tapi Dipercaya di Sepakbola
Posted by:Unknown
Published :2013-09-22T08:10:00+07:00
Rating: 4.5
Reviewer: 7 Reviews
Yang Gak Masuk Akal tapi Dipercaya di Sepakbola

0 komentar:

Posting Komentar

Komen yang sopan....
Kalau ada kesalahan pada posting atau link rusak. Bilang aja sama admin.
Jangan nge SPAM, jangan karena blog ini dofollow
Intinya, Anda sopan saya segan, Anda lancang saya cincang...!!!
Saya memoderasi komentar Anda, supaya saya bisa membaca komentar2 dari Anda